Skip to main content

REVIEW IPHONE 7+ VS SAMSUNG S8+ - PEMAKAIAN KESEHARIAN BUKAN SPEK TEKNIS

Halooo
Kembali lagi di d’tipss yayy
Kali ini gw bukan mau kasi tips tapi mau mereview ajee yee. Soalnya belum nemu tips2 baru yg berdasarkan pengalaman gw gitu. Kalo ga based on experience kan same aje ngayal & omdo gaada implementasi :(((
Oke lanjut, kali ini gw mau review Smartphone ya menurut gw uda basi sih ya. Karena Smartphone yg mau gw review ini uda ada next generationnya ckck. Tapi ya mau gmn, gw blm pake next generationnya hehehe. 
Ini gw review TIDAK MENDETAIL KE SPESIFIKASI BANGET YA TAPI SESUAI PEMAKAIAN SEHARI2. Jd berasa ga fake gt (kadang kan spesifikasi teknis itu ada yg sesuai realita sama yg engga dikesehariannya)
Yap, Smartphone apa ituu? 

SAMSUNG S8+ VS IPHONE 7+




Kenapa gw mau review, karena gw pernah pake 22ny. Disini bukan riya yah gais, tujuannya buat kasi perbandingan aja buat yg mau beli hehe. 
Btw ini gw bukan sokay ye. Tapi gw pake nih hp (Skrg S8+) Karena Iphone7+ gw hilanggg :((( Jadi gw beralih ke samsung mau liat perbandinganny juga. Apakah gw akan setia sama samsung ato iphone. Btw gw sblm pake iphone gw pakenya Oppo Find7. So, ntar gw kasi perbandingan juga dikit ttg Oppo Find7 yah

1.Design & Fitur keamanaan

Fingerprint 
Iphone 7+
Designnya kurang berinovasi ya dari sebelumnya Iphone 6, cuma berubah ditampilan fisik pada kamera aja yg ganda (only 7+, not 7). Sisanya sama, paling ya ada fitur finger print aja tp gagitu keliatan. Jadi ketika mengkilk tombol home cuma ada getaran aja karena sensor sidik jari, beda sama yg sblmnya cuma bunyi klik mekanik aja. Iphone7+ ini juga punya perbedaan disisi EarPods yakni biasanya kan tempat buat colokin EarPods itu bulet, nah di Iphone7+ ini disatuin dengan tempat nyolok charger. Jadi si Iphone ini gamau kita charge sambil pake EarPods. Ohiya Iphone7+ ini juga bisa pake airpods tapi dijual terpisah yg aku beli disini hehe. Layarnya ini 5,5 inch + Retina HD.

Samsung S8+

Keadaan nonton youtube
Iris scanner (Buka password menggunakan iris mata)
Wahhh designnya bagus sekali. Jadi ini bagus banget designnya. bahan di body nya metal magnesium alloy & layarnya dilindungi corning gorilla glass, jadi full kaca gitu. Perbedaan dengan smartphone sblmnya banyak perbedaaan pada tampilan fisik ya. Layar nya itu bener2 full dan melengkung trus puas gitu nonton youtube atau main game sekitar 6,2inch. Tapi buat yg main game ga sepenuhnya aplikasi game mendukung kadang bisa kepotong gt layarnya krn kegedean. Tp kalo buat Youtube oke banget. Trus gaada tombol home alias ganyata. Jd kita harus scroll up buat buka tombol homenya. Kalo Iphone7+ hanya finger print nah di S8+ ini canggih banget yakni ada 3; pertama iris scanner, jadi mata kita doang (dibuka matanya) diarahin ke kamera depan buat buka password (ini fitur paling aman dibanding semua), kedua face recognition kayak iris scanner tapi pake wajah doang, masih bisa dibuka sama orang lain sih kalo kita tidur jd kurang terlalu aman, ketiga yakni finger print, fitur yang paling jarang gw gunain krn samsung emg pengen consumer nya pake iris scanner aja, karena posisinya dkt kamera belakang (jauh dr tangan), masih kurang aman si ya kalo tangan kalian dipaksain sama orang buat klik finger printnya hehe. Tempat nyolok charger nya juga beda katanya dari produk sblmnya, tapi gw pernah coba ke xiaomi ternyata bisa. 

Oppo Find7
 
Ini mah gaada apa2 wkwk. Tampilannya datar aja dan berat. Bahannya plastik. Ini gw beli pas oppo pertama kali keluar ya, bukan yg al*y skrg. Bukan rasis smartphone tp yg find7 itu sampe skrg oppo paling bagus diantara yg lain (gw “ ulu” banyak tanya2 ke mall2 ttg oppo soalnya)tapi buat spek (jamannya gw pake dulu) ya lumayan, batrenya bagus banget dulu. 


2. Kamera
Iphone 7+ ketika keadaan cerah

Iphone7+ Langit

Iphone7+ dualcam


Human object by Iphone7+ "bukan narsis"
Iphone 7+
Yang paling gw suka dual camera, sumpah ini gw suka banget hasil fotonya natural ga terlau warm. Apalagi mode portraitnya bagus ga nyesel, ya bisa diblg kayak dslr  (pls jgn bandingin sama dslr high spek). Kameranya natural banget ga norak. tp sayang bgt ip7 biasa gaada dualcam wkwk. Ini salah satu alesan gw beli Ip7+ sbnrnya 12mp & 7mp. Untuk foto dimalem kurang sih ya. Buat foto perobjek ini bagus! karena tajam banget titik2 objeknya.

Samsung S8+
Samsung S8+ langit
Samsung S8+ keadaan cerah

Samsung S8+ Keadaan gelap ditutup matahari

Human object "bukan narsis"

Seriously buat yg suka selfie ini bagus, yg suka foto2 buat keindahan alam dengan kontras yg warm ini rekomendasi gw. Yg suka foto digelap2an juga bagus krn keliatan mukalu. Yg suka foto yg cerah2 ini bagus. TAPI GW BELUM NEMU CHEMISTRY HP INI BUAT GW PRIBADI. Gw bukan tipekal yg suka foto pemandangan luas, gw suka foto 1 objek aja, gasuka yg warnanya warm. Pokoknya gue gasuka hasilnya cerah dan jelas gitu apalagi sama warna2nya yg warm. Ini cocok buat lu yg lagi traveling ke alam trus mau foto lu sama lingkungan luas yg bagus. Dan gw bukan tipekal yg suka selfie jd gabakal kepake. Kalo kata gw agak sedikit fake yah dr iphone hasilnya wkwk tp ga parah kok. Inget selera masing2. Ini juga ada fitur kayak private snapcha* , ada filternya ALAY bukan gw banget jirr. S8+ ini kameranya 12mp & 8mp. 

Oppo Find7
Gausa dibahaslah ya wkwk

3. Ketahanan batre

Iphone 7+ 
Awal pake selama 2 minggu itu batrenya menyusut. Maksudnya gini, dr awal kan dr jam 7 pagi sampe malam jam 8 masih awet (khusus wifi nonstop). Tapi semakin 2minggu kedepan makin menyusut batrenya. Ya paling jam 6 sore butuh dicas lagi, bahkan udah bbrp bulan jam 3 sore butuh cas lagi. Jd ga stabil gitu. Trus di spesifikasinya yakni 2.900mAh (kalo Iphone 7 1.960mAh).

Samsung S8+
Selama pemakaian gw dalam (hampir) 3 bulan stabil2 aja engga sampe signifikan kayak iphone bgt. Kecuali gw bener2 full gunain ya pasti menurun kok. Masih tahan sampe malem kok, dlm bulan ketiga ini “sedikit nyusut” sih tp msh batas normal. Spesifikasinya ini 3.500mAh (kalo S8 biasa cuma 3.000mAh). 

Oppo Find7
Jangan salah lho, pada jamannya Find7 ini punya batre yg awet dan tahan banget. Find7 3.000mAh sedangkan kalo yg Find7A biasa itu 2.800mAh

4.Kelancaran pemakaian

Iphone 7+
Untuk kondisi wifi, mau lemot wifinya ato standar dia bakal kenceng trus kok paling kalo bener2 lemot bgt baru tuh berasa lemotnya. RAM 7+ ini 3 , walau banyak hp2 yg mengklaim 5bahkan 6RAM, tetep aja gabakal bisa secepat Iphone 7+ ini kok. Ram gede blm tentu direalitanya berasa ya wkwk. 
Untuk kondisi pengoperasian software sehari2 ya ini bagus bgt ya. Jarang lemot dan eror. Pokoknya bagus aku suka. 

Samsung S8+
Awal bgt pemakaian aku, berasa banget lemotnya pas wifi lagi kurang stabil, tp kalo udah stabil bakal kenceng banget. Ya jd agak labil ya wkwk. RAM 4. Kalo jaringan wifi lagi lemot gabisa dibandingin ya sama kencengnya iphone wkwk. inget kondisinya pas wifi lemot doang, tp kalo uda standar bakal kencengggg. 
Untuk kondisi pengoperasian software sehari2 aku kurang rekomen yah. Karena suka lemot :(( kadang eror kalo lg banyak gunain app. 

5. Pengoperasian App eksternal (Instagram)

Iphone 7+
Tentunya banyak yg bayar ye wkwk. Tapi, untuk kalian yg suka main socmed. Contohnya instagram (krn ini paling dipake org) , jadi si Iphone ini sangat sangat mendukung fitur instagram. Kayak instastory mau hp lu Iphone apa juga tetep baguskan hasil instastorynya ?? Pokoknya gw suka bgt pake instastory di Iphone krn natural ga pecah. Trus kalo boomerang itu natural bgt kecepatannya. Setiap post di instastory yg terlalu banyak gabakal mempengaruhi hasil snap selanjutnya. 

Samsung S8+
Seriously, ini bad. Hp dengan spesifikasi ini tetep ga ngedukung sepenuhnya instastory. Hasil kalo siang bagus tp msh bagus ip sih. Kadang suka ga sejelas iphone. Kalo gelap dikit Ya Allah kayak burem jir. Kesel pokoknya kesel banget. Trus kadang kalo buka instagram suka eror gitu bahkan sering. Gw ngerasa ini samsung ga totalitas pada pengoperasian Instagram. Gw ga rekomen yee. 

6. Harga

Iphone7+
Wadu ini pembahasan agak sensitif ya. Untuk Iphone7+ rosegold 128GB ini gw belinya Rp. 14.700.000. Gw beli ga di store resmi di Indonesia ya. Tapi gw titip sama temen dikampus beli di Singapura. Kalo Iphone 7 nya waktu itu sekitar 12jtan. Kenapa ga beli iphone7 aja dulu? Gasuka yg tanggung2. Totalitas biar puas makenya.  Dan kenapa belinya ga di Indonesia aje? Ya mau gmn orang belum masuk juga ke Indo waktu itu wkwk. 

Samsung S8+
Ini gw beli di outlet Eraphone Sumarecon Mall Serpong , tentunya ini yg resmi di indonesia ya gaiss. Gw beli S8+ 64GB itu Rp. 12.000.000. Untuk Samsung S8 biasa itu  kalo gasalah 10.5jt. Untuk saat ini kayaknya masih sama deh harganya. 

Oppo Find7
Rp. 7.000.000 

Overall, gw lebih memilih Iphone7+ dari Samsung S8+. Dua2nya bagus kok. Tapi tergantung karakter kalian masing2. Kalo emang yg suka fungsional banget & berinovasi, gw rekomen samsung S8+ ini. Apalagi yg suka selfie ya wkwk. Gw disini ngerasa gw dapet chemistry di Iphone7+  dan sedikiiiiiit agak nysl ye tapi yasudah hehe. Mungkin disini gw milih iphone 7+ karena sebelumnya gw pake Oppo Find7, which is dari oppo upgrade ke iphone kan terlalu high, nah pas iphone agak downgrade ke samsung sedikit jadi berasa gitu beda nya :(. TAPI, Kalo gw beli oppo trus upgrade ke Samsung s8+ ini mungkin gue bakal suka bangettt. So, buat kalian yg blm pake iphone, upgradenya ke samsung aja dulu atau tetep konsisten aja dulu sama samsung. Karena kalo uda pake iphone mau downgrade itu rada nyesek sumpah. Semoga aja ada rejeki, gw bisa upgrade lagi ke iphone 8 ato X nanti wkwk. 
Ohya, inget tadi ya tujuan review ini mengenai keseharian. Jadi pls, gw gabahas masalah teknis yg detail bgt disini. Tolong jgn berekspektasi sama blogg lain yg bahasnya detail banget hehe
Tungguin blogg gw selanjutnya yah, tenang bakal sesuai keseharian & pengalaman gue kok hehe

Thankyouuu.. 

Comments